Pin Bar Candlestick

Pin Bar atau Pinochio Bar Candlestick

Pembahasan kali ini tentang apa itu Pin Bar dan apa pengaruh nya ketika candle ini muncul pada grafik chart. Secara umum contoh hanya akan diberikan berupa pin bar pada satu arah saja. Namun demikian konsep ini bisa di terapkan pada pinbar dengan arah kebalikan nya dari contoh ( tinggal membalik konsep nya saja )

Trading adalah probabilitas, bisnis dimana akan selalu ada resiko untuk kehilangan uang ( loss ) dan trading berjalan pada arah yang tidak kita harapkan, bahkan ketika pinbar dengan sempurna terbentuk. Namun yang dapat kita lakukan adalah mengurangi resiko kegagalan. Pahamilah bahwa beberapa atau mungkin kebanyakan trader akan berakhir dengan loss, dan kerugian atau loss akan terjadi dari waktu ke waktu. Bahkan pola pinbar sempurna pun masih dapat berakhir dengan hasil loss.

Pin Bar Candlestick
Gambar 1 menganalisa pinbar candlestick

Lihat pada gambar 1, dapat kita lihat bagaimana pinbar terbentuk sempurna. Perhatikan bagaimana pinbar ( pinochio bar ) ini memanjangkan hidungnya ( nose ) keluar dan seolah berbicara bohong kepada kita tentang kemana arah harga sebenarnya. Nama pinochio sendiri berasal dari dengeng tua eropa, tentang seorang bocah boneka kayu bernama pinochio dimana ketika dia berbicara bohong maka hidung nya akan memanjang, semakin dia berbohong maka hidung nya semakin memanjang!

Kita tentunya menginginkan sebuah nose panjang ketika kita menemukan sebuah pinbar. Kita bertrading pada arah yang berlawanan dengan arah nose tersebut ( jadi pinbar pada gambar 1 menunjukan bahwa kita harus mengambil posisi SHORT/SELL pada pair EURUSD ). Harga tertinggi ( high ) pada bar di kedua sisi pinbar adalah "eye" pinbar. Perhatikan bahwa nilai open/close dari pinbar harus berada di dalam "eye" sebelah kiri. Pada sebuah nose yang mengarah keatas, ini berarti bahwa jika nilai dari high dari "eye" berada di sekitar 1.2175 ( gambar 1 ), maka nilai open dan close dari pinbar harus di bawah 1.2175 ( seperti pada kasus dalam gambar 1 ). Jika nilai open dan close berada di atas, ini berarti bukan real pinbar.

Pinbar berarti bahwa harga akan bergerak ke arah yang berlawanan dengan arah yang ditunjukan oleh nose. Pada gambar 1 nose mengarah ke atas sehingga trader boleh berharap bahwa harga akan bergerak ke bawah.

Sebuah pinbar harus :
  •  Nilai open/close nya di bawah eye kiri, eye pertama
  •  Menonjol keluar dari bar di sekelilingnya
Sebuah pinbar yang bagus harus memiliki :
  •  Nose panjang ( dengan nilai open/cole low yang dekat )
  •  Nose menonjol jauh dari harga di sekitarnya
  •  Open dan close sama sama dekat dengan pangkal
Pinbar dapat dimainkan langsung ketika muncul dalam sebuah chart. Namun demikian salah seorang member forexfactory.com telah melakukan sebuah back test dan mendapati bahwa pinbar yang dimainkan begitu saja tidak menghasilkan sesuatu yang luar biasa, kita tetap harus berhati - hati dalam memilih pinbar yang akan kita mainkan.

Pinbar yang baik untuk di jadikan acuan terutama pinbar yang sedang memantul pada :
  •  Fibonacci Level ( retracement )
  •  Pivot Level
  •  Moving Averages
  •  Confluence/pertemuan ( beberapa MA atau Fib level pada wilayah umum yang sama )
  •  Swing High/Swing Low
  •  Retracement dari pergerakan terkini ( harus retracement minimal 23% fibo retracement )
Untuk hasil terbaik, trader sebaiknya memainkan pinbar pada swing high atau swing low atau pinbar yang memantul pada MA dan Fib levels. Pinbar pada kondisi demikian adalah pinbar yang sangat bisa diandalkan dalam sebuah trade, mengindikasikan bahwa terdapat probabilitas tinggi bahwa harga akan berubah arah, yang artinya bisa sangat menguntungkan.

Dibawah ini adalah sekelompok Fibonacci retracement levels dari sebuah pergerakan besar turun pada 2005. Perhatikan bahwa pinbar memantul tepat pada area pertemuan Fib level.

Pin Bar Candlestick
gambar 2 pinbar dan fibonacci retracement level
Gambar 2 adalah close up dari pinbar yang terbentuk pada pair EURUSD chart weekly. Perhatikan bahwa terdapat pertemuan dari fibo retracement level dari gerak turun yang lebih baru. Pinbar menusuk keluar melewati titik pertemuan tersebut, setelah tiga bar memantul pada area tersebut. Ini adalah sebuah pinbar yang bagus untuk dimainkan. Tiga bar sebelumnya gagal bergerak melewati area ini, menunjukan bahw terdapat resistance yang signifikan di sini. Pinbar telah bergerak jauh sebelum bergerak kembali ke bawah. Nilai tertinggi yang dibentuk oleh pinbar ini mungkin akan menjadi nilai tertinggi yang akan dicapai minggu ini atau bahkan bulan ini.

Apakah ini adalah formasi pinbar yang bagus? Nose dari pinbar menonjol keluar jauh di atas harga sebelumnya. Melewati resistance dari pertemuan fib level dan memantul dari fib level yang lebih panjang. Open dan close nya berada di bawah high bar sebelumnya ( eye bar ). Ya.. ini berarti bahwa ini adalah pinbar yang bagus.

Memainkan pinbar

Selanjutnya akan kita bahas bagaimana detail sebuah pinbar yang seharusnya di mainkan. Pelajaran lanjutan akan memberikan detail tentang pendekatan yang dilakukan trader berpengalaman terhadap pinbar. Trader yang baru mengenal pinbar bisa saja menggunakan limit/stop order dibawah titik paling rendah dari pinbar. Diletakan 10 pips di bawah, untuk meliputi false breakout ( biasanya 10 pips ). Ketika order tereksekusi biasanya trend akan segera menuju ke arah yang berlawanan dengan arah nos. Pendekatan ini berarti juga bahwa trade tidak perlu terlalu dimonitor.

Pin Bar Candlestick
Satu pertanyaan yang sering trade tanyakan kepada diri sendiri ketika berkontemplasi/merenung sebelum memasuki market
 "kapankah aku akan menyadari bahwa trade ini akan berbalik dan pola tadi tidak bekerja?"
Ketika kita mulai menyadari bahwa trade kita tidak bekerja, maka kita bisa mulai menghitung seberapa banyak resiko yang bisa kita terima. Tentu saja perhitungan ini dilakukan sebelum meletakan order, sehingga nilai resiko yang tepat berdasarkan besarnya account kita dapat kita tetapkan baik pada posisi trade kita maupun jumlah lot yang kita gunkan.

Salah satu cara konservatif menetapkan stop loss adalah dengan meletakan 10 pips dari ujung pinbar (pada titik dimana kita berharap harga tidak akan menuju kesana, jauh dari eye ). Nilai tersebut berperan sebagai resistance saat ini. Entry dan stop loss dietakan 10 pips jauhnya dari high dan low karena kadang - kadang harga akan sedikit melewati high dan loe yang tentunya akan berpengaruh buruk kepada trade kita seandainya tidak kita antisipasi.

Trade seharusnya melakukan pencarian terhadap nilai resiko untuk stop loss yang sesuai dengan kebutuhan mereka berdasarkan pinbar. Pelajaran lanjutan akan memberikan beberapa ide tentang bagaiman memulai trade dan menetapkan stop loss.

Trading pinbar dan memanage resikonya

Pada bab ini akan kita bahas bagaiman yang seharusnya dilakukan bila trade sudah bejalan dan bagaimana memanage resiko selama trade berjalan.

Namun demikian memasuki sebuah trade lebih simple daripada ketika harus memutuskan untuk keluar dengan cara yang paling tepat. Sering sekali  beberapa trade di forum memasuki trade berdasarkan pinbar yang sama akan tetapi trader yang lain memiliki profit dua kali lipat lebih besar dari trade yang lain, dikarenakan perbedaan cara keluar dari trade. Rekomendasi dalam pembahasan ini berdasarkan premis sebagai berikut :
  1. Pinbar yang sangat bagus ( swing high/low atau pantulan dan titik pertemuan fib level ) akan bergerak secara langsung dan mengenai nilai stop yang telah kita tetapkan, tanpa memberikan kesempatan untuk mendapatkan profit terlebih dahulu ( hal ini biasa terjadi pada 10% atau kurang dari keseluruhan trade ).
  2. Trader seharusnya segera mengambil profit pada saat market memberikan kesempatan.
  3. Trader tidak seharusnya memberikan winning trade berubah menjadi lossing trade.
  4. Ada begitu banyak kesempatan untuk mentradingkan pinbar, sabarlah dan ambil hanya pinbar dengan persyaratan yang bagus.
Pada dasarnya penting untuk menutup sebagian posisi profit sejak awal dan memindahkan nilai stop loss pada nilai break even secara cepat. Hal pertama yang harus di pahami seorang trader ketika memainkan pinbar adalah menutup posisi secara bertahap. Ini berarti bahwa trader menutup sebagian dari posisi lebih awal untuk profit yang tidak teralu besar. Keuntungan dari melakukan hal ini adalah bahwa kita sudah mengambil profit. Kesimpulan dari hal ini tentu saja kita mengurangi jumlah lot yang mungkin menyentuh stop loss kita ( dan tentu saja hal ini mengurangi nilai resiko dari trade yang masih berjalan ). Trade dapat melakukan hal ini dengan membagi keseluruhan posisi yang diambil menjadi beberapa lot. Yang harus diingat hanyalah bahwa, seberapapun kita membagi jumlah total trade kita, jangan sampai nilai totalnya melebihi nilai resiko kita.

Pilihan tentang seberapa banyak pembagian lotnya dan seberapa besar target profitnya tergantung pada masing - masing trader. Bagus untuk mengambil sebagian profit pada nilai 20 - 30 pips, kenudian ambil profit lebih banyak lagi. Namun demikian nilai ini juga tergantung range pergerakan harga yang diharapkan dan time frame yang kita gunakan untuk trading.

Selalu sulit untuk di pastikan trading akan sampai ke mana. Trading yang berasal dari pinbar kadang hanya berjalan pada satu bar saja dan kemudian berbalik, kadang bisa berjalan sampai pada banyak bar. Lock some profit dan bagi sisanya dengan pembagian 1/2, 1/3, 1/4, dari keseluruhan pergerakan trade. Ketika kita mengambil sebagian profit kita itu berarti kita telah merealisasikan profit, begitu sebaliknya tidak menutup profit berarti belum merealisasikan profit yang kita sudah miliki. Mengambil sebagian profit berarti mengurangi jumlah lot yang masih terbuka, ini berarti jika terjadi pembalikan arah harga yang tidak terduga  maka nilai stop loss kita tidak lagi sebesar apabila semua posisi masih terbuka dan tentu saja kita masih memiliki profit. Jika anda kurang memahami konsep ini silakan ambil sebuah pena dan selembar kertas, lalu tuliskan dan utak atik angka - angka tersebut dan buktikan sendiri.

Setelah mengambil sebagian profit, trader sebaiknya mempertimbangkan untuk memindahkan posisi stop loss. Secara detail tentang bagaimana hal ini dilakukan bergantung kepada trader itu sendiri dan trading style mereka ini adalah bagian paling penting dari seni memainkan pinbar, seorang trader yang sukses tidak akan menginginkan kemenangan mereka berubah menjadi loss.

"Jadi ketika aku beranjak ( dalam sebuah posisi yang masuk akal untuk profit ), 'golden rule' ku pun ikut bermain : jangan biarkan sebuah kemenangan berakhir menjadi loss, untuk alasan apapun, apapun sekenarionya.." - Vegas

Ketika seorang trader sudah mengambil profitnya dan memindahkan stop loss pada nilai break even, seorang trader berada dalam situasi "free trade". Seluruh tekanan kini pergi dari seorang trader apapun yang terjadi mereka telah mendapat profit dari trade ini dan sudah menghasilkan uang. Trade saat ini isa berjalan dan mengambil profit besar tanpa adanya kekuatiran bahwa trade ini akan menjadi loss.

"Trading adalah 'free trades' mereka yang belum mampu memahami konsep ini sebaik nya berhenti trading, sampai mampu memahaminya. Tidak peduli metode apa yang anda gunakan" - Vegas

Karena kita tidak pernah mengerti apa yang akan terjadi dengan harga, menjadi sangat penting untuk mengambil profit sedini mungkin. Memilih pinbar terbaik dan melatih kesabaran akan berarti bahwa seorang trader akan mampu mendapatkan pinbar dengan probabilitas terbesar untuk menjadi sukses. Sekitar 70% pinbar akan sangat profitable, jika hanya 10% yang menyentuh stop loss kita maka nilai loss ini dapat tertutup ldari profit yang kita ambil secara awal dari banyak trade yang kita lakukan. Sebanyak 20% dari pinbar akan menjadi kemenangan yang sangat bagus dan akan menghasilkan pips dan profit yang baik.

Dapatkah seorang trader mencegah loss yang mungkin terjadi selama bertrading dengan pinbar? Tidak. inilah mengapa kita memerlukan stop loss terpasang fsejak kita memulai sebuah trade. Ini berarti bahwa seorang trade telah mempersiapkan diri mereka pada kondisi ketika trade gagal dan mereka tidak menginginkan untuk kehilangan lebih banyak uang. Dengan melakukan hal ini, berarti trader telah menerima bahwa resiko dari sebuah trade untuk gagal itu ada. Loss ini adalah bagian dari bisnis forex dan trader harus bisa menerimanya.

 Menemukan pinbar

Pelajaran dari pembahasan ini adalah bertujuan memberikan beberapa contoh seperti apakah pinbar. Perhatikan gambar 3 serta bar yang telah di beri nomor. Chart pada pair GBPUSD dengan time frame daily, selama periode 20 januari 2006 sampai pada 23 februari 2006. Lihat pada gambar dan putuskan nomor mana yang merupakan pinbar yang bagus untuk di tradingkan berdasarkan wujudnya dan posisi pinbar tersebut. Putuskan bar yang mana yang ( jika ada ) yang mungkin untuk anda tradingkan. Perhatikan apakah alasan anda sama dengan alasan yang dituliskan dibawah gambar.

Pin Bar Candlestick
Mengidentifikasi pinbar
  1. Pinbar nomor 1 memiliki wujud yang bagus. Nilai open dan close nya hampir sama dan sangat dekat dengan ujung bawah dari bar dan lebih rendah dari "eye" sebelumnya. Namun demikian nose-nya tidak terlalu panjang dan tidak terlalu jauh dari "eye" sebelum dan sesudah pinbar.
  2. Nilai open  dan close hampir sama dan cukup dekat dengan ujung atas bar, serta lebih tinggi dari "eye" sebelumnya. Namun demikian nose-nya tidak terlalu panjang dan tidak terlalu jauh jaraknya dari "eye" pertama.
  3. Nilai open dan close nya hampir sama namun demikian cenderung berada di tengah - tengah bar, bisa dikatakan hampir sebagai "neutral bar" , bar biasa dan bukan pinbar. Nilai open dan closenya berada di atas "eye" pertama. Nose nya tidak terlalu panjang. ( perhatikan apabila kita memainkan pinbar ini segera setelah terbentuk pinbar, mengambil posisi LONG maka trade kita akan menemui kegagalan karena harga bergerak turun ).
  4. Nilai open close dekat namun demikian mereka berada pada tengah bar. bar ini juga mendekati sebuah inside bar, dimana bar ini membentuk lower high dan higher low dari bar sebelumnya, sehingga harga tidak menonjol keluar.
  5. Nilai open close berdekatan dan dekat dengan salah satu ujung dari bar serta lebih rendah dari "eye" pertama. Nose-nya sangat menarik dan panjang, dan menonjol keluar dari harga sebelumnya. Ini merupakan pin yang sangat menarik untuk segera dimainkan pada saat terbentuk dan kita bisa melihat apabila kita mengambil posisi SHORT maka kita memiliki kesempatan untuk memperoleh profit sampai pada dua bar berikutnya.
  6. Nilai open close dekat dengan ujung dari bar dan lebih tinggi dari "eye". Perhatikan bahwa nose tidak lebih panjang dari bar nomor 4, sehingga harga tidak menonjol keluar, jika kita memperhatikan pada bar berikutnya, kita bisa melihat bahwa harganya hanya bergerak 5 pips di atas high bar nomor 6, jadi kita tidak akan melakukan sebuah LONG trade disini.
  7. Nilai open close tidak berdekatan dan nilai close hampir setengah bawah dari bar dan tidak lebih tinggi dari low eye pertama! Nose tidak menonjol dan berdasarkan posisi close, kita bisa mengatakan kalau ini bukan sebuah pinbar.
  8. Secara jelas, close dari bar ini berada didalam eye pertama, namun demikian berada di tengah bar! Nose-nya juga tidak terlalu menonjol keluar dari harga sebelumnya, ini bukan pinbar yang baik untuk di trading kan.
  9. Openclose dekat dengan sebuah ujung  dan di dalam eye pertama. Nose-nya menarik dan panjang namun demikian gagal untuk menonjol dari harga di sekelilingnya, jadi ini bukan pinbar yang baik juga.
  10. Nilai open close dekat dengan salah satu ujung bar, namun nose tidak menonjol keluar, ini bukan pinbar.
  11. Terlihat cukup menjanjikan dengan nilai open close dekat pada ujung bar. Letaknya sangat menarik jika dibandingkan dengan eye pertama di sebelah kiri, nose sedikit menonjol keluar namun bar ini bukan pada swing high atu swing low atau pada confluence.
Mana diantara pinbar ini yang seharusnya kita mainkan?
Bar nomor 1 dan 5 tampak memiliki wujud paling bagus dan memiliki hidung panjang yang keluar dari harga di sekitarnya. Jika anda sabar pada periode bulan ini, dua pinbar bisa dimainkan. Keduanya tampak bekerja sangat bagus dan memiliki potensi profit yang cukup bagus. YA! memang mudah melihat ketika sudah terbentuk, namun demikian carilah formasi atau pola pinbar pada saat llive trading dan coba mainkan. Selama bertrading GBPUSD selama periode ini saya mengambil pinbar nomor 5 dan itu adalah satu-satunya daily pinbar yang saya mainkan untuk periode itu.


0 Response to "Pin Bar Candlestick"

Post a Comment